Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru

Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru - Merupakan artikel yang akan saya bahas dengan tema Kurikulum Nasional, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Download, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca dan terima kasih atas partisifasi bapak ibu telah berkunjung pada Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru, Kurikulum Nasional, Artikel Download, jangan lupa lampirkan komentar apabila bapak ibu menemukan kendala atau tidak memahami tentang artikel Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru yang saya buat ini.ah, selamat membaca

Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru

Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru
Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru
Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru, adalah artikel yang akan saya bahas dan di bagikan file nya pada kesempatan kali ini. Bapak ibu penilaian merupakan pengolahan hasil dari proses belajar melalui evaluasi yang berupa ujian atau ulangan untuk mengukur kemampuan belajar siswa dari segi akademis. 

Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butirbutir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keteram pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butirbutir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butirbutir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.

B. Tujuan Penyusunan Panduan
Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan halhal berikut.
  1. Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
  2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian.
  3. Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar minimal.
  4. Melaksanakan supervisi penilaian.

Simak selengkapnya pada tampilan google drive:

Untuk mendownload filenya, silahkan bapak ibu klik tautan link di bawah ini:
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 >>> Download

Judul : Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru
link : Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru
Kata Kunci; Panduan Penilaan Kurikulum 2013 SMP Terbaru, Kurikulum Nasional, Artikel Download,

Informasi Terkait Tentang Artikel Ini


Subscribe to receive free email updates: